Jenis Makanan Pantangan Darah Tinggi Dan Pengobatanya

Jenis Makanan Pantangan Darah Tinggi

Sebelumnya kita telah membahas informasi tentang Makanan Penurun Darah Tinggi Saat Ibu Hamil, sebaliknya pada kali ini kita akan membahas tentang Jenis Makanan Pantangan Darah Tinggi.

Tahukah anda makanan berikut ini dapat menyebabkan terganggunya peredaran darah?

Ada begitu banyak jenis makanan yang harus dihindari saat anda menderita penyakit darah tinggi, diantaranya makanan yang mengandung  garam, lemak jenuh, berminyak, berkalori tinggi, kadar gula tinggi.

Mengingat makanan mengandung garam dan lemak sering kita jumpai di kehidupan sehari hari, maka pada laman ini kami akan membahas tentang garam dan lemak.

Makanan mengandung garam dan lemak jenuh sangat mempengaruhi kondisi tubuh kita terutama pembuluh darah. Banyak orang tahu bahwa makan-makanan asin alias banyak mengandung garam dan lemak jenuh dapat menyebabkan tekanan darah tinggi atau hipertensi.

Proses terjadinya meningkatnya tekanan darah akibat garam dan lemak jenuh dalam tubuh.

A. Garam
Garam atau disebut dalam ilmu kimia dengan nama Natrium (NaCl) sebenarnya bermanfaat untuk menjaga regulasi volume darah dan tekanan, menjaga kontraksi otot dan transmisi sel saraf, serta membantu neraca air, asam dan basa dalam tubuh.

Konsumsi garam berlebih membuat pembuluh darah pada ginjal menyempit dan menahan aliran darah. Untuk itulah, ginjal memproduksi hormon Renin dan Angiostenin agar pembuluh darah utama mengeluarkan tekanan darah yang besar sehingga pembuluh darah pada ginjal bisa mengalirkan darah seperti biasanya.

Tekanan darah yang besar dan kuat ini menyebabkan seseorang menderita hipertensi tipe sekunder, yakni hipertensi yang disebabkan oleh masalah di bagian tubuh lainnya, dalam hal ini ginjal.

Agar terhindar dari penyakit darah tinggi, para ahli sangat menganjurkan mengkonsumsi garam per hari berkisar diantara 1500-2000 mg atau setara dengan satu sendok teh. Ini diharapkan dengan mengurangi asupan garam bisa mengurangi risiko terkena penyakit hipertensi atau darah tinggi”

Pada dasarnya penyakit hipertensi hanyalah awal dari berbagai penyakit berbahaya yang amat serius dan mematikan. Adapun berbagai komplikasi penyakit darah tinggi yang sering muncul seperti serangan jantung dan gagal jantung, stroke, gagal ginjal dan penyakit mata.

Oleh karena itulah sebelum terlambat kami sangat menganjurkan agar anda selalu menjaga kondisi tubuh dengan dengan cara membiasakan hidup sehat, olahraga teratur, dan tentunya mengurangi asupan makanan yang berkadar garam tinggi dan berlemak jenuh.

Berikut adalah beberapa cara untuk mengurangi asupan garam:

  • Beli makanan dengan produk yang lebih segar dan hindari makanan instan.
  • Batasi penggunaan garam dalam diet Anda dengan menggantinya dengan bumbu alami
  • Konsumsi  makanan yang rendah garam
  • Memperbanyak konsumsi buah dan sayuran

B. Lemak jenuh
Lemak jenuh ini tidak terurai dalam tubuh namun lemak ini menyumbat pada dinding pembuluh darah. Semakin banyak lemak yang kita konsumsi darah yang mengalir akan semakin lambat dan sulit.

Apabila pembuluh darah menyempit akibat penumpukan lemak jenuh, maka sering berjalanya waktu pembuluh darah akan tersumbat. Kondisi ini bisa memicu penyakit lainya seperti, penyakit jantung, penyakit stroke, penyakit gagal ginjal dll. Untuk itu, Sebelum terlambat alangkah baiknya anda mengurangi konsumsi makanan yang mengandung lemak jenuh sejak dini.

Untuk dapat mengurangi asupan lemak lakukan langkah-langkah berikut :

  • Ketahui oleh anda bahwa makanan berlemak itu berbahaya bagi kesehatan tubuh anda.
  • Dengan rendahnya kadar lemak dalam tubuh maka peredaran darah anda akan kembali baik dan lacar.
  • Menambah makanan yang tinggi serat.
  • Mengurangi minuman bersoda.
  • Bisa juga dengan menambah asupan vitamin untuk mencegah lemak.

Untuk anda penderita penyakit darah tinggi, anda dapat melatih diri dengan cara mengurangi asupan garam dan pada makanan sehari hari. Dengan mengurangi asupan garam dan lemak ke dalam tubuh, bertujuan agar pembuluh darah tetap lancar serta terbebas dari berbagai penyakit.

Untuk anda yang ingin tetap sehat dan terhindar dari penyakit darah tinggi para ahli menyarankan untuk mengkonsumsi QNC Jelly Gamat

Obat Darah Tinggi Untuk Ibu Hamil

Jenis Makanan Pantangan Darah Tinggi Dan Pengobatanya

Baca juga :

Pola hidup sehat untuk penderita darah tinggi <=

Jenis Makanan Pantangan Darah Tinggi

Tinggalkan komentar